Lancar CPNS: Mengenal CAT Sistem Tes Online CPNS 2013

Mengenal CAT Sistem Tes Online CPNS 2013

CAT Sistem Tes Online CPNS Pelaksanaan Tes CPNS tahun 2013 ini sistem perekrutannya beda dengan penerimaan CPNS Tahun tahun sebelumnya. Perbedaaannya Terutama terletak pada cara Tes tulis rekrutment CPNS. Pembuatan Tes Tulis Penerimaan CPNS tahun 2013 ini Melibatkan panitia pengadaan CPNS nasional, dibantu tim ahli dari konsorsium perguruan tinggi. Pengolahan hasil TKD juga akan menggunakan computer assisted test atau CAT.
Calon CPNS wajib mengikuti dan lulus tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB) sesuai bidang tugas masing-masing jabatan. Ini agar CPNS yang dihasilkan memiliki intelegensia tinggi, memiliki ketrampilan, dan keahlian sesuai tuntutan jabatan.
Kisi Kisi Soal Tes CPNS sendiri antara lain:

  •     Tes wawasan kebangsaan (TWK);
  •     Tes intelegensi umum (TIU);
  •     Tes karakteristik pribadi (TKP).

Dan untuk kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Misalnya, untuk guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk medis paramedik oleh Kementerian Kesehatan. Untuk penentuan kelulusan TKD, berdasarkan nilai ambang batas kelulusan (passing grade) yang ditetapkan MenPAN-RB berdasarkan rekomendasi dari tim ahli/Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan TKB, hanya untuk peserta seleksi yang telah dinyatakan lulus TKD.
Yup perbedaan mencolok dengan seleksi CPNS sebelumnya adalah penggunaan CAT atau Computer Assisted Test. Apakah itu CAT ? ujian penerimaan CPNS sistem CAT ini dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer. Tahap awal karena keterbatasan sarana sistem ini baru bisa diterapkan untuk penerimaan CPNS Kementrian/ Lembaga (Penerimaan CPNS Pusat) juga seperti diberitakan sebelumnya CAT CPNS akan diterapkan beberapa daerah provinsi yang bisa dijangkau termasuk penerimaan CPNS 2013 di Provinsi DKI Jakarta. Dengan metode baru Ujian CAT CPNS ini Pemerintah berencana mengubah skema penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika sebelumnya penerimaan CPNS hanya dibuka satu tahun sekali, kini ujian penerimaan lowongan CPNS itu disinyalir bisa ada setiap hari tergantung kebutuhan instansi.

0 comments:

Post a Comment